Epson L3110 merupakan seri printer keluaran Epson yang sangat populer saat ini. Printer ini dikenal memiliki kualitas cetak yang bagus dan daya tahan yang tak diragukan lagi dengan prosedur pemeliharaan yang benar dan rutin dilakukan.

Tak heran jika banyak perusahaan, percetakan dan pengguna rumahan yang menggunakan printer yang satu ini untuk berbagai keperluan seperti mencetak, scan dokumen hingga digunakan untuk foto copy berkas yang dibutuhkan.




 

Untuk menjaga agar printer Epson bisa awet dan memiliki masa pakai yang lama, dibutuhkan pengetahuan cara menggunakan perangkat dengan benar serta melakukan prosedur perawatan seperti melakukan head cleaning secara berkala.

Namun begitu, meskipun telah dilakukan perawatan secara rutin ada kalanya printer epson mengalami error yang ditandai dengan lampu indikator berkedip berwarna orange dan tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen sama sakali.

 

Penyebab Error Pada Printer Epson L3110

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan printer epson L3110 mengalami error yang ditandai dengan lampu indikator berkedip (blinking) dan tak bisa digunakan untuk bekerja seperti biasa.


 

Masalah tersebut bisa saja terjadi karena adanya masalah pada hardware atau software. Menurut pengalaman yang paling sering menyebabkan printer epson error blinking adalah masalah error waste ink full sehingga menyebabkan over ink pad counter atau counter pembuangan tinta sudah penuh.

Error Wate ink full pada printer L3110 berbeda dengan seri L pada printer epson lainnya, jika pada printer seri L pendahulunya ditandai dengan lampu indikator tinta dan kertas berkedip bergantian, sedangkan pada printer L3110 lampu indikator akan berkedip secara bersamaan.

Hal itu menandakan printer anda mengalami over ink pad counter yakni counter pembuangan tinta sudah penuh secara perhitungan sistem data bukan pada hardwarenya sehingga perbaikan yang dilakukan adalah pada sistemnya saja.

Error tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan melakukan reset pada printer menggunakan software resetter printer Epson L3110 yang akan mereset ink pad counter menjadi 0 secara data.

Resetter Printer Epson L3110

Untuk bisa melakukan reset printer Epson L3110, dibutuhkan software resetter yang sesuai atau support dengan printer tersebut.

Resetter printer tipe ini bisa anda cari sendiri di google dan download secara gratis, banyak kok situs yang menyediakan berbagai jenis printer termasuk tipe printer Epson L3110. Atau anda juga bisa dapatkan pada Link ini atau Di Sini

Setelah mendapatkan resetternya, anda harus instal aplikasi reset tersebut pada PC atau laptop Windows yang terhubung dengan printer Epson L3110.

Cara Instal Resetter

Setelah selesai download aplikasi reset epson L3110, saatnya untuk instal reseter tersebut di komputer atau laptop untuk bisa mengatur ulang printer anda.

Sebelum memulai proses instal dan aktivasi, silahkan nonaktifkan sementara antivirus dan Windows defender agar prosesnya berjalan lancar tanpa kendala.

berikut ini langkah-langkah untuk cara instalnya.

·      Ekstrak file download dengan winrar

·      Buka folder Epson L3110 Reserter

·      Jalankan Adjprog.exe dengan klik dua kali pada aplikasi

·      Akan muncul jendela pop up baru yang menampilkan Informasi ID Perangkat printer anda

·      Paste ID perangkat dan simpan sementara di Notepad dengan tekan tombol CTRL + V untuk proses aktivasi

·      Selanjutnya silahkan ekstrak k3y93n dan jalankan WLGen_Epson L3110.exe

 




·      Klik license manager

·      Kemudian klik tab add license di pojok kanan atas

·      Isi data yang dibutuhkan termasuk ID perangkat yang anda simpan tadi dan klik save

 




·      Kemudian klik lisensi yang sudah anda buat dan klik tab create license key

·      Sebuah file akan tersimpan otomatis ke PC anda, silahkan buka folder tersebut

 




·      Klik kanan file License dan klik Merge

·      Lisensi akan otomatis di masukkan ke program resetter

·      Selesai

Setelah selesai instal dan aktivasi dengan benar, maka anda sudah memiliki software reset printer Epson L3110 dan sudah bisa digunakan untuk mengatur ulang printer L3110 yang sedang bermasalah.

Cara Reset Printer Epson L3110

Sekarang anda telah memiliki software resetter yang sudah bisa digunakan untuk mengatasi error pada printer Epson L3110. Untuk menjalankan proses reset silahkan ikuti petunjuknya di bawah ini.

§ Untuk mulai silahkan jalankan file Adjprog.exe dengan klik 2 kali

 




§ Pilih Particular Adjustment Mode

§ Kemudian pilih waste ink pad counter

 




§ Selanjutnya pilih main pad counter dan platen plat counter dengan memberi tanda centang pada kotak yang tersedia

 




§ Klik tombol check selanjutnya klik juga tombol Initialize dan dilanjutkan dengan klik finish

§ Akan muncul jendela pop up information, silahkan klik OK

§ Proses reset akan otomatis dimulai oleh system dan tunggu sampai selesai

Proses reset biasanya berjalan sebentar saja, jika proses reset sudah selesai biasanya ada pemberitahuan untuk restart printer. Yang perlu anda lakukan adalah mematikan printer dan menghidupkan kembali.

Sampai disini anda sudah berhasil melakukan reset printer epson L3110 dan biasanya error pada printer epson L3110 sudah bisa teratasi. Selanjutnya anda bisa coba untuk menggunakan printer mencetak dokumen.

 

 sumber : https://www*arzeka*com/cara-reset-printer-epson-l3110/

- Copyright © Kambing Liwa - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -