ILMUWAN MUSLIM INDONESIA
I.
BAPAK
SOEKARNEN KERTOREDJO
Sejarah Singkat
Setelah bangsa Indonesia
memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, maka akibat Clash yang
pertama dengan pemerintah Kolonia Belanda, Pemerintah Pusat Republik
Indonesia pindah kedudukan dari Jakarta ke Yogyakarta.
Kementrian Kemakmuran sebagai salah
satu dari Kementrian yang ada, pada masa itu pindah berkedudukan di Kota
Magelang. Kepal Bagian Pendidikan dari Pusat Jawatan Perindustrian dan
Kerajinan dari Menteri Kemakmuran adalah Bapak Soekarnen Kertoredjo seorang
yang energik dan berpandangan jauh, timbul inisiatif pada tahun 1947 untuk
mendirikan Sekolah Teknologi Menengah Atas (STMA) dan berkedudukan di kota
Magelang.
Beliau yakin bahwa disamping Bangsa
Indonesia berjuang secara fisik untuk menegakkan Kemerdekaan, haruslah pula
difikirkan pembangunan Negara dalam segala lapanga, pandangan beliau telah
sampai pada industrialisasi dan untuk ini maka pendidikan tenaga ahli dalam
lapangan Teknologi sangat diperlukan.
Bila dilihat dari data yang ada pada
waktu itu perhatian masyarakat terhadap berdirinya STMA, cukup besar dan
menggembirakan. Sebagaimana tertulis dalam sejarah perjuangan Negara Republik
Indonesia, pada bulan Desember 1948 Kolonialis Belanda melancarkan aksinya ke
daerah Republik Indonesia sehingga kota Yogyakarta dan Magelang didudukinya.
Selama pendudukan ini STMA terpaksa tidak melaksanakan kegiatan pendidikan
dan pelajaran.
Setelah pertengahan tahun 1949
Pemerintah Kolonial Belanda meninggalkan seluruh Daerah Yogyakarta sebagai
hasil perundingan dengan Pemerintah R.I. di Kaliurang, yang sangat terkenal
dinamakan Room Royen Statesmen, maka atas desakan para siswa STMA, kurang
lebih akhir tahun 1949 kegiatan STMA dapat dimulai kembali dengan menempati
sebagian ruangan gedung Kementrian Kemakmuran di Balapan Yogyakarta.
Surat Keputusan Pengukuhan
berdirinya STMA adalah seperti tersebut pada Surat Keputusan Menteri
Perekonomian tanggal 20 Juli 1954 Nomor 10606 /M. Alangkah sayangnya sebelum
mengetahui perkembangan lebih lanjut, pada tahun 1949 Bapak Soekarnen
Kertoredjo meninggal dunia di kota Magelang. Seluruh keluarga STMA menganggap
Bapak Soekarnen sebagai pendiri dan Bapak STMA.
Untuk selanjutnya cita-cita dari
pada Bapak Soekarnen maka Bapak Soejono Hatmoseputro almarhum yang pada waktu
itu sebagai pejabat Kepala Bagian Pendidikan dari Jawatan Perindustrian
Kementrian Kemakmuran membimbing dan meneruskan tegaknya STMA.
Dikarenakan gedung bekas Kementrian
Kemakmuran di Komplek Balapan Yogyakarta tidak lagi sesuai untuk tempat
pendidikan para siswa, maka pada bulan Juni 1956 STMA dengan resmi pindah ke
gedung baru yang berada di Jalan Kusumanegara No. 1 (sekarang menjadi Jalan
Kusumanegara No. 3) Yogyakarta sampai dengan sekarang.
Sejak berdirinya, murid STMA
berasal dari seluruh Indonesia dan mendapatkan ikatan dinas sampai tahun
ajaran 1964/1965. Dalam masa perjuangan Pembebasan Irian Barat (Trikora),
STMA Yogyakarta termasuk yang pertama menerima putera daerah Irian Barat
(Irian Jaya). Disamping itu SMTI Yogyakarta pada awal integrasi pernah juga
menerima siswa tugas belajar dari Propinsi Timor TImur.
Dengan berakhirnya ikatan dinas
serta telah berdirinya STMA di daerah-daerah maka akhirnya sebagian besar
murid dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, sebagian dari
Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur serta sebagian kecil dari luar
Jawa.
Pada masa Ikatan Dinas yang siswanya
berasal dari berbagai daerah. Setelah selesai pendidikan selanjutnya kembali
ke daerah masing-masing. Para alumni STMA yang telah bekerja di daerah,
merasa bahwa di daerahnya diperlukan tenaga menengah untuk mengisi
perkembangan pembangunan di daerahnya.
Oleh sebab itu di beberapa daerah muncul sekolah sejenis STMA
Yogyakarta.
Pada tanggal 24 Juni 1985 dengan
Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 235/M/SK/6/1985, STMA Yogyakarta
termasuk sekolah sejenis yang lain diganti namanya menjadi Sekolah Menengah
Teknologi Industri (SMTI) yang berkedudukan di Yogyakarta, Ujung Pandang,
Banda Aceh, Tanjung Karang, Pontianak, dan Padang.
Lulusan STMA Yogyakarta dari tahun 1951/1952 sampai sekarang
penghargaan ijazah/STTB STMA/SMTI adalah sebagai berikut :
1. Dengan Surat
Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 9 Maret 1955 No.
1267/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah Menengah Atas Bagian B.
2. Dengan Surat
Kementrian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan tanggal 27 April 1955 No.
2155/B/V dihargai sebagai Ijazah Negeri Sekolah lanjutan Vak Tingkat Atas.
3. Berdasarkan Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 03/C/I/Kep/79 tanggal 13 Januari 1979
dinilai/dihargai setingkat dengan Ijazah/STTB SLTA Negeri Kejuruan.
4. Berdasarkan Keputusan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 9 Oktober 1987 Nomor 177/C/Kep/87,
Ijazah/STTB SMTI dihargai sama dengan STTB Sekolah Menengah Kejuruan (SMKT)
Negeri.
Sekolah Menengah Teknologi Industri
(SMTI ) Yogyakarta saat ini berusia lebih dari 64 (enam puluh empat)
tahun. Usia yang dapat dibilang dewasa. Selama itu pula telah terjadi estafet
kepemimpinan. Adapun beberapa pimpinan yang telah menduduki jabatan sebagai
Kepala SMTI Yogyakarta adalah sebagai berikut :
1.
Soekarnen
Kertoredjo Tahun 1947 – 1949, beliau sekaligus pendiri STMA
2.
Abuyono,
tahun 1950 – 1952
3.
Amir Husen
Siregar, tahun 1952 – 1953
4.
M.
Soewarto, tahun 1953 -1954
5.
Ir. M.
Busthanim, tahun 1955 – 1974
6.
Ir .M.
Soekmono, tahun 1972 – 1977
7.
Abdullah
Syatari, SH., tahun 1977 – 1983
8.
Hadi
Soenarno, BSc., tahun 1983 – 1986
9.
Ir. Pietoyo
Soekarbowo, tahun 1986 – 1987
10.
Wahidoen
Abdoel Aziz, BSc., tahun 1987 – 1994
11.
B.
Subanto,BA., tahun 1994 – 1999
12.
Dra. Hj.
Surajiyah, MM., tahun 1999 – 2009
13.
Dra. Tri
Ernawati, M.Si., tahun 2009 – sekarang
|
ILMUWAN ISLAM MASA BANI ABBASYIAH
(Masa kejayaan umat islam)
I.
AL-KINDI
AL-KINDI
lahir di kurafah(irak) tahum 801 M.Ia adalah pemikir islam pertama yang
menyelaraskan filsafat dan agama. Menurutnya, filsafat adalah ilmu yang mulia.
Ia juga melukiskan filsafat sebagai ilmuan kearifan dari segala kearifan.
Menurut
Al-kindi, filsafat dibagi menjadi tiga bagian .Pertama, Ilmu fisika(ilmu
tibbiyyat) sebagai tingkat terbawah. Kedua , ilmu matematika (ilmu
al-rubbubiyah) pada tingkatan tertinggi. Salah satu pokok bahasan al-kindi
adalah mengenal jiwa atau roh,dan membaginya menjadi tiga daya.Pertama daya
bernafsu,kedua daya pemarah, ketiga daya berpikir.Menurutnya, daya berpikir
adalah daya tertinggi karena menyangkut
manusia kepada derajatnya yang paling tinggi.Al-kindi wafat tahun 869M.
II.
AL-FARABI
Lahir di
kota Farab tahun 257H/970M. Setelah dewasa ia belajar kepada Abu Bisri Bin
Mathius . Di irak , ia banyak mempelajari filsafat ,logika, matematika,etika
ilmu,politik dan music.
Al-farabi
menjadi guru bagi Ibnu Sina,Ibnu Rusyd, dan filusuf islam yang dating. Oleh
karena itu beliau mendapat julukan gelar GURU KEDUA(AL-MU’ALLIMU AL-TSANI) sebagai lanjutan dari Aristoteles yang
mendapat gelar guru pertama.karangan kitab al farabi sebagai berikut:
·
Agrad
kitab ma ba’da at-Tabi’ah
·
Al-jam’u
Baina Ra’yi al-hakimaini( Mempertemukan dua pendapat Plato dan Aristoteles)
·
Tahsil
as-Sa’adah(mencari kebahagiaan)
·
Uyun
al-Masa’il(Pokok-pokok persoalan)
·
Ihsa’
al-Ulum(Statistik lmu)
Al-farabi
wafat di Damsyik tahun 339H/950M pada usia 80 tahun.
III.
IBNU
SINA
Lahir di
Afsyanah pada tahun 980M.Di barat ia sering disebut Avicena sewaktu umur 17
Tahun ia dikenal dengan seorang dokter dan pernah diminta untuk mengobati
pangeran Nuh bin Mansur, Seorang penguasa dinasti Samaniah.
Ia mendapat gelar asy-Syaikh
Ar’rais(Guru para raja) dan dibidang kedokteran diberi gelar pangeran para
dokter.
Karya ibnu sina antara lain:
·
As-syifa’(Penyembuh)
·
Al-Qanun
fi at-Tibb(Peraturan-Peraturan kedokteran)
·
Uyun
al-hikmah(Mata air hikmah)
·
Mantiq
al-masyriqiyyin(Logika Timur)
·
Al-isyarah
wa at-Tanbihat
Selain dalam bidang kedokteran ibnu sina juga
memberikan andil dalam ilmu pengetahuan yang lain yaitu ilmu astronomi dengan
bukunya yang berjudul al-Magest(buk tentang astronomi).
IV.
IBNU
RUSYD
Dilahirkan
di Cordoba,Sepanyol pada 520H/1126M . Ia dikenal dengan seorang dokter ,ahli hokum
,dan tokoh filusuf yang menonjol pada periode perkembangan filsafat islam. Di
dunia barat ia dikenal dengan sebutan Averoes .Ia jug pernah menjadi hakim di
sevilla dan kota-kota lainnya di sepanyol.
Ia adalah
perintis ilmu kedokteran umum dan juga HISTOLOGI (ilmu jaringan tubuh). Jasa
nya lain adalah dibidan penelitian pembuluh darah dan cacar. Salah satu buku
karangannya adalah al-kulliyat. Yang diterjemahkan dalam bahasa inggris yaitu
Gneral roles of medicine.
Ia juga
filusuf yang membela para filusuf dari serangan Al-ghazali yang menunding para
filusuf telah sesat karenanya telah menjadi kafir. Pembelaan itu dapat kita
lihat dalam bukunya yang berjudul Tahafut at-Tahafut.Karyanya yang lain ada 78
buah, dan masih tersimpan baik di escurial Madrid. Ia meninggal di Maroko tahun
595H/10 Desember 1198 M.
V.
IBNU
HAITAM (ALHAZEN)
Dilahirkan
di basrah tahun 354H/965M. Ia adalah seorang yang ahli dalam ilmu fisika dan
matematika yang disengani sejak abad 11, ia juga tercatat sebagai ahli fisika
muslim pertama.
Menurut
Wiliam Drapper dalam History of the intellectual
development Of Europe, al hazen adalah orang pertama yang membenarkan
konsep Yunani tentang penglihatan.karya-karyanya didasarkan pada anatomi dan
pembahasan geometri. Antara lain karyanya yaitu sbb:
·
Muqalah
fi Istikhraj Samt al-Qiblah
·
Muqalah
fi Hayat al-alam
·
Kitab
fi al-manasit(kamus optic)
·
Maqalah
fi Daw al-Qamar
George Sartan dan Dr. Donald menyebutnya
sebagai The Greatest Student of Optics of
All Times.
VI.
MUHAMMAD
IBNU MUSA AL-KHAWARIZMI
Nama lengkapnya
adalah Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa al-Khawarizmi. Dilahirkan di khawarizmi
Uzbekistan tahun 194H/780M. Menurut George Sertan ,bahwa Al-Khawarizmi adalah
ilmuwan muslim terbesar dan terbaik pada masa itu dan Al-Khawarizmi adalah ahli
matematika terbesar pada masa itu.
Pada mas
Khalifah al-Ma’mun (raja dinasti abbasyiah) ia bekerja pada BAITUL HIKMAH(Rumah
Kearifan) di Baghdad.bekerja di insernatarium tempat ia menekuni matematika dan
astronominya.
Ia adalah
penemu SESUNGGUHNYA Algorisme(Logaritma)
dia juga yang menjebatani matematika klasik (Yunani India) menjadi
matematika modern. Di Eropa ia sering di sebut algorismi atau algorism.pada
abad pertengahan algorism dipakai orang barat dalam arti kata Aritmatika(ilmu
hitung). diantara karyanya adalah ;”Hisab
al-jabr Wa al-Muqabalan”(perhitungan integrasi dan persamaan)
Selain itu
semua , AL-Khawarizmi juga menciptakan angka 6,7,8,9,dan selanjutnya
menciptakan angka sifr atau nol. Angka nol inilah kita bias menghitung angka
puluhan,ratusan,ribuan dst.ia meninggal pada tahun 266H/850M di Bghdad.
VII.
AR-RAZI
Dilahirkan
di Rayy tahun 865 M. ia adalah seorang dokter dan filusuf besar pada mas itu
.setelah mempelajari ilmu matematika,astronomi,logika,sastra dan kimia, ia
melanjutkan ilmu kedokteran dan filsafat.
karya ar razi mencapai 232
buku atau risalah dan sebagian besar pada bidang kedokteran.
Karya karya ar razi adalah
sebagai berikut:
·
Al-Hawi
Sebuah
ensiklopedi kedokteran berjumlah 20
jilid , yang berisi tentang kedokteran
Yunani,Arab,dan Suriah, yang ditulis dari hasil penelitiannya,
·
Fi
al-Judari wa al-Hasbat
Buku yang
membahas campak dan cacar
Ar-razi meninggal
pada tahun 932M.
ILMU
HADIS MASA ABBASYIAH
I.
IMAM
AL-BUKHARI
Lahir di Bukhara pada tahun
810 M . Sejak kecil sudah belajar ilmu hadist dari ayahnya, yang juga ahli ilmu
hadist yang memiliki hubungan baik dengan ibnu malik,Muhammad bin zaid,dan
Abdullah bin Mubarak. Pada usia 16 tahun ia belajar hadist pada ad-Dakhili,
sejak kanak-kanak Imam bukhari telah mampu menghafal hadis sebanyak 70000 buah,
kemudian pada umur 16 tahun telah hafal ilmu hadist karangan ibnu al-mubarrak
dan Wakil al-jarrah.Ia berguru lebih dari 1000 guru. Dan menurut riwayatnya Ia
menulis dan menyusun Kitab Sahih Bukhari sebagai hasil menemui 1080 guru dalam
bidang ilmu hadist.mulai dari Tabi’in hingga murid yang belajar bersama imam
bukhari.
Kecerdasan imam bukhari juga
dapat dilihat dari kemampuannya melakukan kritik sanad,matan, dan rawi hadist.
Dalam mengumpulkan al-hadist
imam bukhari melakukan Rikhlah ilmiah mulai dari
Balkh,Nisabur,Rayy,Baghdad,kufah,Mekah,mesir,damaskus,Hims,dan qaisyariyah.Ia
menetap dua tahun di makah kemudian melanjutkan ke madinah.perjalanan semua ini
membutuhkan waktu +-16 tahun.
Karyanya antara lain sebafai
berikut;
·
Al-Jami’
as-Sahih al-Bukhari
·
At-Tarikh
as-sagir
·
At-tarikh
al-ausat
·
Kitab
al-‘illal
·
Asami
as-sahabah dan kitab al kuna
·
Kitab
ad-du’afa
·
Dsb
Imam bukhari meninggal di Khartanak tahun 870
M
II.
IMAM
MUSLIM
Lahir pada tahun 817 M di
Nisabur. Ia dan Imam bukhari sering disebut syaikhani atau dua syekh. Ia pergi
ke irak,hijaz,suriah, dan negri negri lainnya untuk memperdalam ilmu hadist.
Selain kepada imam bukhari , ia juga belajar pada imam bin hambali,Abdullah bin
qorir, qutaybah bin said, dan yang lainnya.
Karya terbesar imam muslim
adalah al-Jami’ as-Sahih Muslim atau
dikenal dengan Sahih muslim yang berada di tingkat kedua setelah sahih Bukhari.
Imam muslim meninggal di
Nisabur tahun 875M.
III.
ABU
DAWUD
Dilahirkan di Baghdad pada
tahun 817 M. Ia melakukan rihlah untuk mempelajari hadis ke berbagi wilayah dan
ia juga banyak belajar dari berbagai guru.
Kitab karya abu dawud adalah Sunan Abi Dawud.dalam kitab ini terdapat
4800 hadist dari sekitar 500.000 hadis yang dikumpulkannya.
Abu dawud meninggal di
zbasrah pada tahun 888M.
Daftar Pustaka
Khasanah,Siti.2008.SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.Solo:Penerbit
dan Percetakan Putra Kertowatan.
Laily,Nurul.2006.SEJARAH ISLAM.Yogyakarta:Erlangga